CARA MENCUKUR BULU DOMBA (WOOL)

MENCUKUR BULU WOOL
Alat gunting cukur elektronik, gunting cukur manual (gunting cukur biasa)
Bahan yodium tinetur 10% dan kapas

Informasi pokok
Pencukuran dilakukan 1 tahun sekali pada waktu musim kemarau ter4utama pada domba wool untuk menghasilkan wool ang harga jualnya tinggi, sedangkan untuk domba bukan type wool biasanya pencukuran dilakukan 4 bulan sekali.

Pencukuran dilakukan sengan hati-hati agar tidak meimbulkan luka guntingan. Sebaiknya hasl pengguntingan wool tidak berptong-potong berserakan, tetai merupakan lapisan wool yang menyerupai tikar yang nantinya bisadigulung. Untuk domba bukan type wool pencukuran ditujukan untuk pemeliharaan kesehatan kuit, agar parasit yang menempel pada kulit mudah diberantas, pencukuran dapat dilakukan menurut kebutuhan. Jalannya pencukuran disesuaikan dengan cara pengendalian ternak oleh kita.

Sebagai contoh bila ternak dirobohkan maka pencukuran dilakukan didaerah paha(kaki) sampai keatsa (daerah punggun)selanjutnya dimulai kembali daerah bawah perut mengarah ke atas dan seterusnya serjalan seperti itu, sesudah kita menyelsaikan satu bagian dari badan ternak maka ternak kita balikan dan langkah kerjanya seperti pencukuran semula. Sedangkan pencukuran dengan cara berdiri jalannya pencukuran dimulai dari daerah perut bawah kesamping badan ternak menyeluruh dan berakhir pada bagian perut lagi.

http://beternakcara.blogspot.com/


Tujuan pencukuran bulu
Menghindari penyakit (bersarangnya parasit)
Hargajual tinggi
Ternak selalu sehat

Informasi penunjang
Diusahakan sebelum pencukuran bulu, ternak dimandikan terlebihdahulu agar pencukuran tidak mengalami kesulitan. Pencukuran dilakukan sependek-pendeknya. Bila terjadi luka karna gunting segera olesi luka itu dengan yodiumtictur 10%

 PERSIAPAN KERJA
Siapkan alat-alat dan bahan
Kuasi ternak/kendalikan

Lakukan pencukuran bulu / wool dengan cara berdiri atau duduk 
Dimulai dari daerah perut kesamping kiri badan ternak kedaerah punggung kearah kepala dan ekor terus kesamping kanan berakhir didagian perut sebelah kanan kembali.

Subscribe to receive free email updates: