CARA MEMBUAT RESEP OBAT TRADISIONAL UNTUK MENCEGAH TETELO

Penyakit tetelo adalah penyakit ayam yang bisa mematikan.Nah untuk teman berikut ini kami berikan cara membuat resep obat tradisional untuk mencegah penyakit tetelo.

Bahan baku :
Daun papaya
TemuirengTemulawak
Kulit bawang putih
Kulit bawang merah
Daun teh
Daun salam
Daun singkong

NB: tidak ada takaran mengenai bahan-bahan di atas, karena sifatnya seperti jamu godokan. Jadi silakan gunakan bahan seperlunya.

http://beternakcara.blogspot.com/
Cara pembuatan :Semua bahan diiris tipis-tipis, masukkan ke dalam panci berisi air, dan direbus sampai mendidih.Setelah mendidih, matikan kompor, dan diamkan ramuan ini beberapa saat sampai suhunya menjadi hangat-hangat kuku.Air rebusan disaring.Ampasnya jangan dibuang, karena masih bisa digunakan untuk campuran pakan basah pada itik / ayam, atau dikeringkan untuk dicampur dengan voer burung. Ampas ini juga dapat membantu mencegah burung dari berbagai penyakit akibat virus dan bakteri, termasuk tetelo dan flu burung.

Cara pakai :Untuk burung yang biasa dipegang, air rebusan ini bisa diteteskan langsung ke paruh burung, dengan dosis 2 sendok makan (sekitar 5 ml atau 5 cc).Untuk burung yang belum terbiasa dipegang, 1 bagian air rebusan bisa dicampurkan ke dalam 3 – 4 bagian air minum.Menjelang pancaroba atau pergantian musim (Oktober – November dan April – Mei), ramuan ini bisa berikan setiap 2-3 hari sekali.Di luar musim pancaroba, pemberian cukup 1 minggu sekali.

Sebagian bahan ini juga digunakan para peternak ayam organik di Kabupaten Demak dan Kabupaten Pati dan sejauh ini bebas dari segala jenis penyakit yang disebabkan virus dan bakteri: dua sumber penyakit yang paling sering menyebabkan kematian.

Subscribe to receive free email updates: