Monyet Dunia Lama (Old World Monkey)

Monyet Dunia Lama (Old World Monkey) 

Jenis primata yang masuk dalam kelompok ini antara lain adalah Langur, Colobus Monkey, Guenon, Baboon, Mandrill, Macaque dan Mangabey.

Monyet Dunia Lama merupakan Primata dengan anggota spesies yang paling besar. Monyet Dunia Lama ditemukan di kawasan Asia dari negara Cina dan Jepang. juga kawasan Afrika. Kebanyakan Monyet Dunia Lama ini adalah yang hidup di atas pohon atau arboreal, tetapi beberapa seperti baboon dan beberapa jenis macaca merupakan monyet-monyet yang tinggal di atas permukaan tanah. Beberapa Monyet Dunia Lama tidak memiliki ekor, lubang hidung cenderung mengarah ke bawah. Banyak jenis mempunyai kantong pipi untuk menyimpan makanan, dan banyak mempunyai bantalan tebal atau pad (ischial callosities) yang terlentak dipantatnya. Monyet dewasa dari golongan old world monkey mempunyai 32 gigi. Old World Monkey meliputi banyak macaca yang berada di daerah Afrika dan Asia. Monyet Rhesus yang digunakan untuk percobaan laboratorium biasanya dari macaca Asi, misalnya baboon Afrika dan Asia, seperti halnya kera mandril dan mangabey dari Afrika. Guerezas atau monyet colobus monyet (Genus Colobus) memiliki ukuran yang besar, ekor yang panjang, monyet pemakan daun dari Afrika. Dari Asia, monyet pemakan daun mempermainkan, meliputi monyet India yang suci. Monyet negeri Cina dan monyet belalai Borneo. Genus Cercopithecus merupakan kelompok besar monyet pemakan segala (omnivora) dengan ekor yang panjang ditemukan seluruh sub-Saharan Afrika. 

Beberapa Old World Monkey mempunyai corak berbeda seperti struktur muka dan warna tertentu dari bagian-bagian anatomi mereka. Sebagai contoh, monyet Colobus mempunyai suatu bagian untuk ibu jari, monyet proboscis mempunyai hidung yang sangat asing/aneh dan Monyet Snub-nosed tidak punya hidung sama sekali. Suatu Kera mandril dari Afrika mempunyai penis yang berwarna merah dan scrotum mirip bungu berwarna dan dan jantannya dominan mempunyai suatu wajah yang berwarna.

Baca Juga:

Subscribe to receive free email updates: