Pengertian Sterilisasi Pada Hewan

Pengertian Sterilisasi pada hewan

Steril pada anjing dan kucing betina dahulu mengacu pada pengangkatan organ reproduksi (ovarium, saluran telur, rahim), sementara steril pada hewan jantan berarti mengangkat testisnya. Sterilisasi mencegah hewan berkembang biak (sehingga mengurangi over populasi hewan peliharaan). Sterilisasi juga memberikan banyak manfaat kesehatan untuk hewan peliharaan dan juga mengurangi masalah perilaku tertentu yang tidak diinginkan.

Steril sebaiknya dilakukan pada loop pertama (sebelum hewan puber dan sebelum mengandung yang pertama kalinya). Masih ada beberapa orang yang mengatakan mensteril anak anjing itu berbahaya, tapi itu tidak benar. Sekarang hal ini telah lebih diterima secara luas. Ide-ide tentang perlunya menunggu sampai setelah anjing enam bulan atau satu tahun benar-benar kuno dan bukti-bukti malah mengatakan hal yang sebaliknya. Bahkan American Veterinary Medical Association mendukung sterilisasi di usia muda. Anak-anak anjing dapat pulih jauh lebih cepat dibandingkan dengan anjing dewasa. Sterilisasi adalah operasi kecil dan mengurangi penyakit di kemudian hari. Operasi steril lebih mudah dilakukan pada hewan di usia muda.

Logikanya "Jika membiarkan binatang peliharaan kawin dan mempunyai anak, berarti Anda langsung memberikan kontribusi terhadap masalah over populasi hewan peliharaan. Dengan begitu, sekarang Anda harus menemukan rumah untuk semua anak anjing yang dilahirkan tersebut. Untuk setiap rumah yang Anda temukan, berarti satu rumah sudah diambil dan hilang kesempatan bagi anjing liar yang sudah terlanjur lahir untuk mendapatkan rumah. Ditambah lagi, Anda tidak dapat mungkin tahu hal buruk apa yang akan dilakukan oleh pemilik anak anjing Anda di kemudian hari. Jadi, kecuali Anda mensterilkan semua anak-anak anjing sebelum menempatkan mereka, pemilik baru mungkin akan membiarkan anjing mereka berkembang biak juga . Dengan demikian, Anda telah menambahkan jumlah anjing untuk masalah over populasi hewan peliharaan“.

Manfaat bagi hewan :

Kebiri dan sterilisasi membantu hewan peliharaan hidup lebih lama dan lebih sehat.
Kebiri dan sterilisasi dapat mengurangi masalah kesehatan yang lebih sulit dan mahal.
Sterilisasi dapat mengurangi gejala kanker saluran kemih dan ovarium serta kanker buah dada (puting susu), terutama apabila hewan anda di steril sebelum haid pertamanya.
Kebiri akan mencegah kanker testis dan mengurangi insiden penyakit prostat.


Manfaat bagi pemilik :

1. Kebiri dan sterilisasi membuat sifat hewan anda lebih baik dan lebih terkontrol.

2. Sterilisasi kucing mengurangi hewan itu untuk kencing dimana-mana.

3. Mengebiri kucing akan menjadikan hewan tersebut berperilaku lebih baik, karena siklus ekstrus (siklus subur) untuk kucing yang tidak disteril berlangsung tiap 3 kali atau lebih dalam setahun.

4. Hewan yang tidak disteril lebih sering mendatangkan masalah dan seringkali menunjukkan tanda - tanda agresive daripada hewan yang disteril.

5. Sterilisasi dan kebiri dapat mengurangi keinginan hewan untuk menggigit.

6. Pengebirian mengurangi keinginan hewan peliharaan untuk berkeliaran di luar, melarikan diri dan berkelahi.


Manfaat bagi lingkungan :

Perkawinan hewan yang tidak direncanakan mengakibatkan pertambahan populasi, sehingga sterilisasi dan kebiri dapat mencegah kelebihan populasi tersebut. karena banyak sekali orang yang membuang kucing atau anak kucing menjadikan hewan itu terlantar dan bernasib jelek yang sebetulnya adalah bukan kesalahan hewan - hewan itu tetapi adalah kesalahan orang-orang yang kurang bertanggung jawab terhadap peliharaannya. Jadilah pemilik yang bertanggung jawab, pemilik yang tidak membiarkan hewan peliharaannya untuk beranak-pinak, mengingat adanya masalah over populasi di negeri ini.

Subscribe to receive free email updates: