TANDA-TANDA TERNAK YANG SEHAT

TANDA-TANDA TERNAK YANG SEHAT

Secara umum, tanda-tanda ternak yang sehat untuk kurban adalah sebagai berikut :

1. Matanya jernih dan tidak sayu

Mata sapi harus jernih, terbuka penuh, pupil bereaksi cepat, tidak keluar air, tidak berwarna merah, dan selaput lendir bagian dalam berwarna merah terang.Jika ada sapi yang matanya sangat kotor dan keruh, maka menandakan bahwa hewan tersebut sedang sakit dan sebaiknya jangan Anda beli.

2. Bentuk tubuh standar

Bentuk tubuh sapi harus standar.Sapi harus memiliki tulang punggung yang relatif rata, tanduknya seimbang, keempat kakinya simetris, dan postur tubuhnya ideal. Postur tubuh yang ideal, seperti kombinasi perut, kaki depan, dan belakang, kepala, dan leher seimbang

3. Kulitnya bersih Kulit sapi harus terlihat bersih. 

Pastikan hewan yang akan dikurbankan itu tak memiliki bisul atau penyakit kulit lainnya. Untuk memastikannya, Anda bisa mencubit kulitnya, lalu lihat apakah kulitnya kembali seperti semula atau tidak. Jikakulit kembali seperti semula, maka sapi dalam keadaan sehat.

4. Mulut dan hidung bersih 

Jika mulut sapi sangat basah dan banyak mengeluarkan air liur atau terdapat bintil-bintil merah, maka menandakan bahwa sapi sedang mengindap penyakit. Begitu juga dengan hidung, pastikan hidung sapi bersih dan tak mengeluarkan cairan.

5. Anus bersih

Perhatikan juga anus atau dubur sapi.Bisa saja sapi yang dijual sedang diare.Untuk itu, pastikan dubur yang dimilikinya bersih dan tak ada tanda-tanda bahwa sapi sedang diare.

6. Aktif bergerak Saat didekati, pergerakan sapi aktif. 

Gerakannya lincah dan terlihat sangat kuat dan bersemangat.Selain itu, sapi juga memiliki nafsu makan yang baik. Itulah cara memilih sapi yang sehat untuk kurban. Jadi, jangan sampai Anda salah memilih hewan yang untuk dikurbankan.Bila perlu, pilih hewan kurban yang terdapat stiker sehatnya.

Subscribe to receive free email updates: