Strategi Promosi Dan Pemasaran Ternak Puyuh

Strategi Promosi Dan Pemasaran Ternak Puyuh

Berbagai macam aspek strategi promosi dan pemasaran dilakukan oleh siapapun dan apapun usahanya. Bergerak dibidang peternakan, khususnya ternak puyuh, salah satu strategi yang bisa kita lakukan adalah dengan aktif mengikuti organisasi yang digadang-gadang oleh pemerintah untuk menciptakan wirausahawan mandiri, yaitu dengan mengikuti UKM dibidang peternakan yang dinaungi oleh dinas peternakan, dari keaktifan kita ikut organisasi tersebut, secara langsung maupun tidak langsung produk kita akan terpromosikan. Kedua, selain mengikuti organisasi UKM, strategi promosi dan pemasaran bisa langsung melihat kondisi pasar saat ini. Untuk produk hasil peternakan memiliki komoditif yang bagus dipasaran karena stok dalam negeri belum bisa mencukupi, sehingga untuk menjual hasil peternakan khususnya telur puyuh sangatlah mudah. Strategi promosi dan pemasaran yang ketiga adalah melalui partner/mitra bisnis (pengecer). Melalui kerjasama dan saling kepercayaan, produk kita pastinya akan mendapatkan tempat dengan sistem pemasaran seperti ini, produsen lebih dimudahkan karena tidak perlu ambil pusing untuk mencari calon konsumen karena hasil produksi sudah pasti terjual. Namun ada kelemahan dalam sistem pemasararan ini, yakni harga yang kita patok tidak akan terlalu tinggi dari harga pasaran. 

Ada juga sistem pemasaran lewat pasar-pasar seperti pasar tradisional dan juga mini-market yang kian hari makin menjamur dimana-mana saat ini. Sistem pemasaran seperti ini hampir sama dengan sistem pemasaran pihak ke II. Dengan sedikit perbedaan, yaitu harga yang kita patok relatif lebih tinggi. 
Untuk sistem pemasaran selanjutnya sedang marak-maraknya berkembang dimasyarakat, yakni sistem pemasaran secara online. Kita dapat membuat blog untuk pemasaran produk yang kita jual. Dapat pula kita memasang iklan produk kita lewat jejaring sosial seperti facebook, twitter dan jejaring sosial lainnya. Kelebihan dari sistem pemasaran online diantaranya jangkauan pemasaran produk kita akan lebih luas hingga luar kota, luar pulau, bahkan hingga luar negeri. Namun ada kekurangan dari sistem pemasaran online seperti ini yaitu resiko akan tertipu cukup besar mengingat kita tidak bertemu langsung dengan konsumen yang membeli produk kita. Selanjutnya, sistem pemasaran secara langsung ke konsumen yakni dengan menjual produk kita tanpa perantara dan langsung ke konsumen. Ada kelebihan dari sistem seperti ini, harga yang dapat kita patok untuk konsumen bisa lebih tinggi dari sistem-sistem pemasaran lainnya karena harga bisa sesuai dengan harga pasaran. Namun, mengingat begitu sedikitnya waktu yang kita miliki dan mungkin karena ini merupakan usaha sampingan jadi waktu yang kita punyai relatif sedikit. Masih banyak sekali sebenarnya sistem pemasaran yang dapat kita gunakan dalam pemasaran produk kita. Semua itu tergantung kepada pemilik rumah produksi itu sendiri mana yang akan digunakan dan yang cocok diterapkan di rumah produksinya, tentunya berbeda antara yang satu dengan lainnya. Kita dituntut untuk jeli memanfaatkan jenis-jenis sistem pemasaran yang pastinya mempermudah kita sebagai produsen untuk memasarkan hasil produksi kita. Jangan sampai kita salah menempatkan pemikiran kita pada tempat yang tidak semestinya ditempati.

Subscribe to receive free email updates: