Kelebihan Dan Kekurangan Ternak Puyuh

1. Kelebihan 

Pemeliharaan hewan ternak ini ( puyuh ), memang memiliki tubuh / postur yang kecil di bandingkan ayam, dengan ini memudahkan peternak untuk membuat kandang dengan ukuran 50x150 cm per kotak untuk 50 ekor. Jadi tidak menggunakan lahan yang terlalu luas, karena sebab-sebab di atas memudahkan peternak mendapat hasil yang maksimal. Penempatan kandang dapat diletakkan di sekitar pekarangan rumah, namun tempat yang di sarankan memperoleh intensitas cahaya. Dalam beternak puyuh faktor kesehatan merupakan faktor penting untuk mendapat produksi telur yang berkualitas. Oleh karena itu perlu adanya sikap antisipasi terhadap penyakit. Telur puyuh memiliki nilai gizi yang sangat tinggi, terutama kandungan protein dalam telur puyuh paling tinggi di antara telur unggas lainnya. Nilai gizi yang sangat tinggi inilah yang menjadikan telur puyuh menjadi primadona semua kalangan terutama anak-anak kecil, karena pada masa pertumbuhan anak kecil memerlukan protein yang tinggi dan tentunya telur puyuhlah yang menjadi konsumsi tambahan orang tua untuk anaknya. 

Keuntungan lain yang didapat peternak dari telur puyuh adalah produksi pemasukan bagi peternak. Selain dari telur, bulu burung puyuh dapat digunakan sebagai bahan baku kerajinan dan perabot rumah tangga. Menjamurnya sentra industri rumahan yang bergerak dalam bidang kerajinan dan merebahnya kompetisi dalam berbisnis, tentunya pihak sentra industri kerajinan berlomba-lomba dalam menciptakan inovasi baru, salah satunya dengan penggunaan bulu burung puyuh untuk kerajinan dan perabot rumah tangga. Tentunya permintaan akan bulu burung puyuh semakin meningkat, dan inilah kelebihan bisnis puyuh. 

Kelebihan yang lain adalah kotoran puyuh berguna sebagai pupuk kandang. Kotoran burung puyuh dapat di gunakan pada pemupukan tanaman khususnya sayuran, jadi para petani sayur sangat mencari kotoran burung puyuh ini untuk ladang sayurnya, karena kotoran puyuh bisa menyuburkan unsur hara dalam tanah yang akan di tanami sayuran. Dibalik bentuk dan baunya yang sebagian orang menganggap tidak enak, sejatinya kotoran puyuh sangat berguna untuk kesuburan tanah dan mengaktifkan unsur hara dalam tanah. 

Hasil tambahan lainnya adalah daging afkiran yang mempunyai nilai gizi yang setara dengan telurnya, serta mempunyai cita rasa yang enak, dan tentunya banyak dinikmati oleh konsumen. Banyak outlet-outlet yang menjajakan masakan burung puyuh. Tentunya permintaan akan afkiran daging burung puyuh sangatlah tinggi, sehingga peternak tak perlu khawatir dengan puyuh nantinya akan di afkir.
http://beternakcara.blogspot.com/
Ternak Puyuh

2. Kekurangan 

Burung puyuh merupakan hewan unggas yang sering sekali terkena penyakit, sehingga perlu perawatan yang maksimal. Burung puyuh perlu ditempatkan pada kawasan yang minim kebisingan atau kegaduhan, hal ini bertujuan agar burung puyuh tidak mengalami strees yang berkelanjutan, dan dapat mempengaruhi jumlah produksi telur setiap harinya. Burung puyuh sangat tergantung pada kondisi lingkungan sekitar. Kondisi lingkungan sekitar atau suhu ruangan yang ideal berkisar 25ºC - 28ºC, jika terjadi perubahan lingkungan yang dramatis burung puyuh akan mengalami gangguan kesehatan. 

Melihat kekurangan diatas, sebetulnya masalah tersebut dapat di atasi, misal untuk menekan stress pada burung puyuh bisa di minimalisir dengan memberikan music pada saat doc datang hingga pada fase produksi, dengan demikian puyuh akan terbiasa dengan suara keras. Jadi intinya sejak kecil harus sudah diberi music/ radio. Pada masalah kesehatan, untuk menanggulanginya yaitu dengan melakukan treatment vaksinasi mulai doc sampai fase produksi agar kebal terhadap penyakit, dan tentunya dengan memberikan vitamin tambahan pada fase produksi, untuk menunjang agar produksi telur tetap tinggi. Sedangkan untuk menangani suhu lingkungan kandang puyuh, bisa di lakukan dengan menempatkan kipas angin agar udara dalam kandang berganti, kemudian juga bisa dengan menyiram lantai di sekitar kandang ataupun menanam tumbuhan hijau agar lingkungan kandang tidak terasa panas. Sebetulnya unggas mempunyai keahlian khusus untuk membuang panas dalam tubuhnya yaitu dengan cara panting.

MAU TAU CARA AGAR SUKSES BUDIDAYA BURUNG PUYUH? KLIK DISINI

MAU TAU KHASIAT DAN KELEBIHAN TELUR BURUNG PUYUH

MAU TAU KHASIAT DAGING BURUNG PUYUH?

Subscribe to receive free email updates: