Mengenal Kambing Boer dan silangannya

Mengenal Kambing Boer dan silangannya

Kambing Boer merupakan salah satu kambing unggul untuk tipe pedaging. hanya saja di indonesia keberadaannya masih sedikit sekali, padahal peminatnya tidak sedikit terutama oleh peternak modern. hal ini terkadang di manfaatkan oleh para penjual kambing yang tidak bertanggung jawab dengan menjual kambing turunan persilangan boer dengan mengatakan bahwa kambing tersebut boer asli ataupun boer pure breed padahal bukan. hal ini sangat merugikan peternak pembeli yang tidak mengetahui ciri ciri boer asli dan ingin mendapatkan kambig tersebut untuk di kembangkan. 
dalam dunia perkambingan boer terdiri dari beberapa kualifikasi, diantaranya: 


Boer full blood

1. Boer Full Blood registered, yaitu: kambing boer yang berasal dari keturunan 100% kambing boer berdarah murni terdaftar silsilahnya pada asosiasi boer dan tidak memiliki satupun kambing non boer (bukan boer) dalam catatan silsilah nenek moyangnya (pedigree). Pada kenyataannya kambing boer murni hanya didapatkan dari kambing boer yang diimpor langsung dari Afrika Selatan. sedangkan yang Boer full blood unregistered tidak terdaftar silsilahnya pada asosiasi boer.

2. Boer Pure Breed, yaitu: Kambing boer peranakan (purebreed) kambing boer betina peranakan dedifinisikan memiliki 15/16 (93,75%) darah kambing boer yang berasal dari keturunan kambing boer murni atau peranakan yang telah teregistrasi dan tercatat oleh IBGA atau disebut Betina F4. kambing boer jantan peranakan didefinisikan memiliki 31/32 (96,88%) darah kambing boer yang berasal dari kambing keturunan kambing boer murni atau peranakan yang telah teregistrasi dan tercatat oleh IBGA atau disebut Jantan F5.
3. Kambing boer campuran (percentage) ,yaitu : kambing boer yang memiliki 1/2 (50%) darah kambing boer. Kambing boer campuran dapat berasal dari keturunan pejantan boer murni (fullblood) dengan indukan bukan boer atau indukan boer murni dengan pejantan bukan boer.


Kawin Silang (Cross Breeding)Lalu pertanyaannya bagaimana mendapatkan nilai persentase darah keturunan seekor kambing boer? Aturan kawin silang (crossbreeding) kambing boer adalah acuannya. Aturan ini mensyaratkan dua hal : 

Pejantan yang dikawinkan harus murni (pureblood).
Pencatatan silsilah (pedigree) harus konsisten dilakukan untuk menandai nilai persentase seekor kambing boerJika syarat diatas tidak dapat terpenuhi maka aturan kawin silang pun tidak berlaku. 
Berikut adalah aturan kawin silang kambing boer. “F” disini menunjukkan persentase kemurnian kambing boer yang dihasilkan dari kawin silang pejantan kambing boer murni (fullblood) dengan indukan kambing yang lain.

F1 : 1/2 kambing boer (pejantan kambing boer murni, indukan kambing jenis lain)
F2 : 3/4 kambing boer (pejantan kambing boer murni, indukan F1)
F3 : 7/8 kambing boer (pejantan kambing boer murni, indukan F2)
F4 : 15/16 kambing boer (pejantan kambing boer murni, indukan F3)
F5 : 31/32 kambing boer (pejantan kambing boer murni, indukan F4)di Indonesia kambing boer di silangkan dengan kambing kacang, jawa randu, PE, benggala dll. satu satunya institusi yang memiliki kambing boer full blood registered adalah Universitas Brawijaya. sayang dalam perjalanannya kurang berkembang baik, walaupun masih memiliki stok boer. kemudian pemprov lampung yang bekerja sama dengan beberapa perusahaan importir memiliki beberapa boer fullblood yang di peruntukan untuk persilangan kambing jawa randu di provinsi lampung. di Balai Penelitian kambing potong Lolit sei putih galang sumatera utara juga di kembang silangkan boer dengan kambing kacang.selain itu ada beberapa perusahan atau farm yang memiliki koleksi kambing boer. sementara itu di samping di Unibraw malang semen boer juga tersedia di BIB lembang dan BIB singosari.Perlu dicatat jika hasil kawin silang diatas tidak akan pernah menghasilkan keturunan murni (fullblood). Yang dihasilkan hanyalah kambing boer peranakan (purebreed). IBGA menyediakan jasa tes DNA untuk mengetahui persentase kemurnian seekor kambing boer sebagai pembuktian genetis.
berikut panduan dari presentasi BPTP pemprov lampung untuk ciri ciri kambing boer hasil silangan dengan kambing jawa randu.

Subscribe to receive free email updates: