Mengenal tentang Konsentrat dan Penggunaannya pada Pakan Unggas (termasuk Puyuh)

Mengenal tentang Konsentrat dan Penggunaannya pada Pakan Unggas (termasuk Puyuh)

Kadang diantara peternak yang mencampur atau bahkan membuat sendiri pakan puyuh, masih ada yang belum paham mengenai konsentrat. Berikut ini ada penjelasan mengenai konsentrat dan penggunaannya pada pakan puyuh.

KONSENTRAT dibuat oleh pabrik pakan untuk daerah-daerah surplus jagung, agar peternaknya mendapat pakan ternak yang lebih murah dalam hal ini mencampur sendiri.

(karena konsentrat penggunaannya wajib dicampur dengan jagung dsb.)

jawa barat adalah daerah tidak surplus jagung. (membeli jagung dari kediri jatim, lampung, palembang bahkan gorontalo) tetapi peternaknya sdh biasa mencampur pakan (selfmixing). mulai dari peternak 500 ekor sampai puluhan ribu ekor. tentunya kalau 5000 ekor kebawah mengaduk dg tangan/sekop bahkan dg mixer. klau peternak 10.000 keatas pada umumnya menggunakan mixer.
contoh lain, saya lihat di jogja kelompok puyuh GJR (Gema Jaya Raharja) dengan anggota lebih 300 peternak sudah mampu membuat pakan puyuh sendiri. (saya lihat formulanya terdiri Jagung, Bungkil kedele, Tepung daging (MBM), grit, premiks dll).

Selama ini terjadi salah pengertian antara konsentrat dengan pakan jadi (bhs belanda = voor). Konsentrat cara penggunaan wajib dicampur dg jagung dsb. Sedang pakan jadi (seperti 511, BR, BP11, SP22, PP3, PY3 dsb) penggunaan jangan dicampur lagi, karena sdh lengkap. Sekian dulu, kalau pak Budi masih ragu coba lihat label atau karungnya tiap-tiap pakan pasti ada keterangannya

Subscribe to receive free email updates: