Sejarah Ternak Primata

Sejarah Primata

Primata adalah anggota dari ordo biologi Primata, kelompok ini terdiri dari seluruh Lemur, Monyet dan Kera. Primata berasal dari kata latin Primates, yang berarti ”salah satu yang pertama, terbaik, noble”. Colin Groves mendata sekitar 350 spesies Primata dalam Taksonomi Primata.

Seluruh Primata memiliki lima jari (pentadactyly), bentuk gigi yang umum dan tubuhnya sangat primitif (tidak terspealisasi). Perbedaan Primata dengan satwa lainnya adalah kuku jari. Jempol berlawanan juga salah satu karakteristik Primata, tetapi tidak terbatas dalam primata saja, Opossum juga memiliki jempol berlawanan. Dalam Primata, kombinasi dari jempol berlawanan, jari kuku pendek (bukan cakar) dan jari yang panjang serta menutup kedalam adalah sebuah relik dari praktisi pada zaman dahulu dari branchiation melalui pohon. Pandangan yang menghadap ke depan dan berwarna juga berguna untuk “brachiating” orang zaman dahulu, terutama digunakan untuk menemukan dan mengumpulkan makanan. Semua Primata, bahkan ada yang tidak memiliki sifat yang biasa dari Primata lainnya, seperti; Loris yang memiliki karakteristik orbit mata yang membedakan mereka dari order taksonomi lainnya.

Primata mempunyai banyak kemiripan dengan manusia baik secara morfologi, perilaku maupun fisiologi. Ada hubungan yang erat antara manusia, baik dari sudut biologi, budaya maupun ekonomi. Namun demikian masyarakat masih banyak yang tidak mengenal jenis-jenis Primata. Rata-rata mereka hanya mengenal jenis primata yang populer saja seperti orangutan dan siamang. Padahal ada banyak sekali spesies primata baik yang didalam maupun yang berasal dari luar negeri yang hidup di Indonesia. 
Selain masyarakat Indonesia yang tidak paham masalah identifikasi primata ternyata juga masih banyak masyarakat Indonesia yang awam tentang konservasi primata.

Sebelum membahas lebih jauh, penulis akan menggelitik masalah Monyet dan Kera, “Tahukah anda tentang perbedaan sebenarnya antara Monyet dan Kera?”. Untuk mengetahui perbedaan tersebut, bukanlah perkara yang sulit, anda cukup melihat ada atau tidaknya ekor, di dunia Primata Monyet merupakan Primata yang dicirikan dengan ekornya, dan Kera adalah Primata yang tidak berekor, biasanya bisa berjalan tegak dengan kedua kakinya. Sedangkan Monyet berjalan dengan ke-empat kakinya. Sekarang kita lihat Orang utan atau kalau di Pulau Jawa ini ada Owa-owa yang lebih kecil dari pada Orang utan, mereka itu yang termasuk Kera, Jika dalam bahasa inggris lebih jelas lagi antara Monyet itu ”monkey” dan Kera adalah ”ape”. Jadi sekarang sudah jelas perbedaan antara Kera dan Monyet.

Subscribe to receive free email updates: